alat music sasando berasal dari daerah

Walaupun termasuk salah satu alat musik daerah yang populer. Namun, sebagian orang belum mengetahui alat music sasando berasal dari daerah mana.

Banyak orang yang mengetahui alat musik sasando sebagai alat musik tradisional dengan bentuk yang unik saja.

Sedangkan, informasi detail mengenai alat musik ini sering kali diabaikan. Dalam mempelajari musik, ada baiknya untuk mengenal setiap alat musik lebih dalam.

Terutama, jika alat musiknya merupakan warisan dari budaya seperti sasando.

Mengenal Alat Musik Sasando 

Sebelum menjawab pertanyaan alat music sasando berasal dari daerah mana.

Ada baiknya untuk mengenal alat musik satu ini terlebih dahulu. Seperti yang disebutkan sebelumnya, sebenarnya alat musik tradisional satu ini sudah cukup populer.

Terutama, karena bentuknya yang sangat unik. Sasando adalah alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik. Terbuat dari pelepah tanaman yang dibentuk agak menggembung bagian bawahnya.

Kemudian, pada bagian tengah dipasang tabung sebagai penyangga senar-senarnya. Sasando ternyata bisa dibedakan lagi menjadi beberapa jenis.

Jenis alat musik ini bergantung dengan jumlah senar yang digunakan pada bagian tengahnya.

Alat musik ini memiliki suara yang hampir mirip seperti harpa maupun kecapi. Namun, getaran dari bunyi alat musik ini memiliki khasnya sendiri.

Asal Alat Musik Sasando

Jika ada pertanyaan alat music sasando berasal dari daerah mana? Maka jawaban yang paling valid adalah berasal dari provinsi Nusa Tenggara Timur.

Lebih spesifik lagi, alat musik ini berasal dari sebuah kabupaten yang bernama Rote Ndao.

Alat musik ini kemudian menyebar ke berbagai daerah lain di sekitar Nusa Tenggara Timur. Akhirnya, daerah lain pun memilih jenis sasandonya sendiri yang dikembangkan dan disesuaikan dengan budaya setempat.

Jenis-Jenis Sasando 

Setelah menjawab pertanyaan alat music sasando berasal dari daerah mana. Berikutnya akan kami bahas mengenai jenis-jenis dari alat musik satu ini. Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, sebenarnya sasando memiliki beberapa jenis.

Jenis-jenis ini bisa muncul karena adanya penyebaran alat musik ini ke daerah lain dan perkembangan zaman. Secara garis besar, ada 3 sasando yang paling terkenal dan banyak orang gunakan.

Berikut adalah pembahasan selengkapnya mengenai jenis alat musik ini:

1. Sasando Biola 

Sasando memang secara asli mulai tersebarkan dari Pulau Rote. Namun, kabupaten Kupang mengembangkan jenis sasandonya sendiri yang orang beri nama Sasando Biola.

Sasando terbuat dari bambu dengan jumlah senar yang lebih banyak.

Senar yang orang gunakan pada sasando jenis ini bisa mencapai 36 string karena itu alat musik ini bisa menghasilkan 30 nada yang berbeda. Mengapa orang sebut dengan sasando biola?

Karena pada pengembangannya, sasando ini meniru prinsip biola.

2. Sasando Gong 

Jenis sasando gong bisa kami bilang merupakan bentuk original sasando yang berasal dari Pulau Rote.

Ciri khasnya adalah memiliki 7 senar yang bisa menghasilkan 7 nada, namun dengan perkembangan aransemen lagu. Muncul variasi sasando dengan 11 senar.

Nada yang terhasilkan adalah pentatonis dan orang mainkan dengan iringan bunyi gong. Membuat alat musik sangat ideal untuk memainkan lagu-lagu khas dari Pulau Rote.

3. Sasando Elektronik 

Agar alat musik tradisional sasando bisa mengejar perkembangan zaman dan alat musik modern lainnya.

Maka, masyarakat kembangkan juga inovasi yaitu sasando elektronik. Sesuai dengan namanya, sasando ini bisa terhubung dengan sistem stereo yang modern.

Walaupun menghadirkan konsep yang modern. Namun, sasando ini tetap terbuat dari bahan-bahan tradisional. Hanya ada tambahan perangkat modern saja untuk memaksimalkan suara yang sasando hasilkan.

Belajar Musik Lebih Dalam di Symphonia Musik 

Masih banyak hal yang perlu Anda pelajari dan ketahui seputar alat musik sasando.

Mulai dari cara pembuatannya sampai dengan belajar memainkan alat musik ini. Belum lagi, alat musik tradisional Indonesia lain yang pastinya tidak kalah menarik untuk dipelajari.

Jika berminat untuk memperbanyak pengetahuan dan kemampuan mengenai musik tradisional maupun modern.

Segera daftar menjadi murid di Symphonia Musik. Dengan konsep belajar yang modern, belajar musik menjadi lebih mudah.

Tidak hanya menjawab pertanyaan alat music sasando berasal dari daerah mana. Ada banyak hal yang bisa Anda pelajari. Bagi yang masih ragu terdapat kelas trial yang dapat Anda ikuti secara gratis. Segera daftar di symphoniamusik.com.

footer logo symphonia musik

Phone : 0895-8003-00102
Email : [email protected]

© Copyright 2021 PT. Symphonia Musik Indonesia All Rights Reserved

Les Private Musik
Tangerang - Jakarta - Bali

we-are-hiring