genre musik klasik

Jika berbicara tentang genre musik klasik, Anda pasti akan mengingat tokoh terkenal Mozart dan Beethoven yang sebenarnya ada banyak tokoh penting lain dalam musik klasik.

Keberadaan musik ini berakar dari kesenian Barat yang ternyata memiliki banyak manfaat.

Walau musik satu ini berakar dari kesenian Barat, tapi kehadirannya di Indonesia juga populer di mata masyarakat.

Tidak jarang juga digelar orkestra klasik di Indonesia yang rata-rata adalah musisi-musisi ternama. Lalu, apa yang dimaksud dengan musik klasik?

Apa Itu Genre Musik Klasik?

Musik klasik adalah suatu aliran irama yang lahir dari agama, kerajaan, atau adat istiadat suatu daerah. Sebenarnya, maknanya sangat luas. Namun, musik klasik ini umumnya dipertunjukkan setiap tahun dalam suatu hari pada hari peringatan.

Hanya saja penulis lagu tidak bisa sembarang orang. Mengingat ada aturan baku yang harus diterapkan selama proses pembuatan. Baik dari kaidah syair, vokal, penggunaan notasi, instrumen dan irama lagu.

Karena musik klasik memiliki tingkat kewibawaan yang lebih tinggi. Selain itu, para ahli musik juga setuju bahwa genre musik satu ini  dapat dijadikan sebagai alat pendidikan sekaligus alat untuk mengasah kecerdasan manusia.

Pada masa emasnya, ada banyak sekali musik klasik yang bisa didengar. Bahkan sampai sekarang dibuatkan cover.

Contoh musik klasik yang populer di luar negeri adalah Ode to Joy karangan Beethoven, Sadness of The Heart diciptakan oleh Yanni, dan masih banyak lagi.

Jenis-jenis Musik Klasik

Untuk lebih memahami genre musik klasik, sebaiknya Anda perhatikan pembagian musik klasik berdasarkan masa atau periode pembuatan musik tersebut.

1. Notasi Gregorian (590M)

Notasi Gregorian merupakan cikal bakal terbentuknya musik klasik. Jenis ini sudah ada sejak tahun 590 Masehi. Notasi musik terdiri dari empat baris blok not dan tidak ada ritme yang pasti.

Sehingga cara memainkan musik ini hanya mengandalkan perasaan dan perhitungan penyanyi.

2. Organum (1150-1400 M)

Organum adalah jenis musik klasik pada tahun 1150-1400 karena banyak orang tidak dapat mempelajari lagu bernada tinggi dan rendah. Jadi, modifikasi dilakukan pada musik diafoni suara yang kuat dan rendah mengikuti melodi.

3. Basso Ostinato (1600 M)

Musik klasik Basso Ostinato merupakan jenis musik klasik yang sudah ada sejak tahun 1600 Masehi.

Jenis musik ini terdiri dari rangkaian nada yang berjalan setahap demi setahap, mengarah dari bawah ke atas, kemudian terulangi dengan rangkaian nada lainnya secara bersamaan.

4. Polifoni era Barok (1600-1750)

Genre musik klasik selanjutnya yaitu pada masa Polifoni era Barok. Polifoni adalah jenis musik klasik yang sudah ada sejak zaman Barok, (1600-1750). Musik ini merupakan jenis musik yang menggunakan teknik counterpunch.

5. Homofon (1750-1825)

Musik homofon adalah jenis musik klasik yang sudah ada sejak tahun 1750-1825.  Di sini Anda dapati susunan kunci yang terdiri dari tiga suara, sehingga tereksplorasi menjadi empat suara atau lebih. Musik ini biasa orang sebut dengan musik harmoni.

6. Era Romantika (1825-1910)

Musik era romantik adalah jenis musik klasik dari tahun 1825-1910. Pada masa ini musik romantis tidak mengalami perubahan yang berarti dari kontrapunksi dan harmoni.

7. Musik Klasik Era Modern (1910-Sekarang)

Musik ini hadir dan terus berkembang sampai saat ini. Perkembangan ini mulai pada tahun 1910. Banyak musik yang tergolong musik klasik populer di era modern seperti rock, blues, musik religi dan musik tradisional.

Ciri-ciri Musik Klasik

Genre musik klasik pasti saja tidak sama dengan jenis musik lainnya. Musik ini mempunyai ciri tersendiri secara khusus. Adapun ciri-cirinya sebagai berikut:

  • Ciri musik klasik yang pertama yaitu penggunaan dinamika yang orang gunakan biasanya mulai dari lembut kemudian keras (Crescendo) atau sebaliknya.
  • Dekorasi panggung juga lebih simpel karena penggunaannya terbatas.
  • Tempo yang Anda gunakan lambat (ritardando) dan Anda percepat (accelerated).
  • Aturan akord hanya boleh 3 nada.
  • Suara harmoni lebih teratur dengan 3 not yang orang mainkan secara bersamaan.

Demikian pembahasan singkat mengenai genre musik klasik yang bisa dengan mudah untuk Anda pahami.

Jika saat ini Anda sedang mencari jasa layanan les musik Anda bisa langsung mengakses laman resmi Fuzzy pada symphoniamusik.com.

footer logo symphonia musik

Phone : 0895-8003-00102
Email : [email protected]

© Copyright 2021 PT. Symphonia Musik Indonesia All Rights Reserved

Les Private Musik
Tangerang - Jakarta - Bali

we-are-hiring