cara membaca not balok

Cara membaca not balok perlu diketahui oleh Anda jika ingin bisa memainkan berbagai jenis alat musik. Kemampuan membaca not balok merupakan salah satu dasar untuk dapat belajar ke jenjang yang lebih tinggi. Untuk cara mempelajarinya pun juga tidak susah.

Sebelum melanjutkan cara belajar not balok, mari pahami terlebih dulu not itu sendiri. Not memiliki arti sebagai lambang nada tertentu.

Ketika sebuah nada dirangkai dalam irama tertentu, maka terciptalah sebuah lagu yang biasa dimainkan atau dinyanyikan.

Cara Membaca Not Balok

Tidak sulit untuk mempelajari notasi balok jika Anda mengikuti langkah-langkah yang dijelaskan secara sederhana. Agar lebih cepat menguasai, Anda bisa mempelajarinya menggunakan cara di bawah ini

1. Pelajari Simbol Dasar Notasi

Pembacaan not balok yang paling pertama adalah mempelajari simbol dan notasi dasar terlebih dahulu. Karena musik terdiri dari berbagai simbol, dan yang paling dasar adalah paranada, kunci, dan not.

Pada umumnya, setiap musik mengandung komponen dasar yaitu sebagai berikut.

  • Staf yaitu baris yang terdiri dari empat spasi. Setiap baris dan spasi mewakili huruf yang berbeda dan akan mewakili nada yang berbeda.
  • Treble Clef yaitu Kunci master yang biasanya digunakan untuk membiasakan diri. Clef treble memiliki ornamen G di sisi paling kiri. Clef ini juga bekerja mencatat register musik yang lebih tinggi.
  • Clef Bass yaitu menunjukkan register musik rendah. Jika instrumen yang digunakan bernada rendah, seperti cello dan bassoon, maka partitur musik akan tertulis di kunci bass.
  • Notes berguna untuk memberitahu Anda surat not mana saja yang harus dimainkan pada instrumen serta berapa lama memainkannya.

2. Pahami Ketukan

Cara membaca not balok selanjutnya yaitu dengan memahami ketukan. Misalnya dalam menari, ketukan Anda lakukan dengan cara menepuk tangan atau kaki.

Untuk nada dasar not balok, pengukurannya tersajikan dalam bentuk pecahan dengan angka atas dan bawah yang disebut birama lagu.

Angka teratas menunjukkan jumlah ketukan dalam satu birama. Sedangkan angka yang paling bawah memberitahukan nilai nada untuk satu ketukan.

Tidak jauh beda dengan not balok, di dalam not angka juga terdapat ketukan dan tanda istirahat. Not angka sendiri merupakan nada yang terbunyikan, tanda istirahat berarti nada yang tidak terbunyikan.

Pada nilai ketukan tersebut, tanda titik (.)  terpakai sebagai tanda satu ketuk pada not yang mempunyai nilai ketukan 2 dan 3. Sementara untuk not angka dengan nilai ketukan ½ dan ¼, not angka memakai garis horisontal.

3. Memainkan Melodi

Cara membaca not balok berikutnya yaitu bisa Anda mulai dengan memainkan melodi. Langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu dengan melihat skala.

Ada delapan not berurutan yang perlu Anda ketahui, misalnya tangga nada C mayor terdiri dari C, D, E, F, G, A, B, C. Selain itu, interval antara nada pertama tangga nada C mayor dan nada terakhir adalah contoh oktaf.

Ada beberapa istilah simbol dalam not balok. Pertama, Semitone ataupun orang kenal sebagai setengah langkah yang nantinya membantu Anda dalam menulis variasi suara yang tidak terbatas ke dalam musik.

Kedua, Sharp (♯) yang artinya not tersebut setengah langkah lebih tinggi dari kepala not di sebelah kanannya. Ketiga, Datar (♭), yang berarti setengah nada tersebut lebih rendah dari kepala not di sebelah kanannya.

Keempat, simbol Natural dengan lambang ♮. Jika terdapat suatu nada tajam atau datar, berarti nada tersebut akan meluas ke semua hitungan, kecuali ada simbol Natural.

Untuk itu, Anda bisa menggunakan not angka dan not balok ini untuk bermain musik seperti piano, biola, gitar, dan suling.

Oleh karena itu, cara membaca notasi nada terutama not balok memerlukan latihan agar terbiasa. Selain itu, penting untuk Anda memperhatikan nilai ketukan dan tanda istirahat yang terdapat di lagu.

Jika Anda merasa kesulitan dalam belajar not, maka Anda bisa meminta bantuan tutor untuk membimbing Anda. Tutor yang kompeten tentunya akan sangat membantu Anda dalam cara membaca not balok dengan mudah untuk pemula.

Bagi Anda yang saat ini sedang mencari tutor musik yang handal, maka symphoniamusik.com bisa menjadi pilihan tempat les privat musik untuk Anda hubungi.

footer logo symphonia musik

Phone : 0895-8003-00102
Email : [email protected]

© Copyright 2021 PT. Symphonia Musik Indonesia All Rights Reserved

Les Private Musik
Tangerang - Jakarta - Bali

we-are-hiring