perbedaan not angka dan not balok

Pada saat mendalami seni musik, pastinya Anda akan sering bertemu dengan notasi. Notasi sendiri memiliki dua jenis penulisan not yang berbeda, yaitu angka dan dengan balok. Hanya saja, memang tidak semua orang tahu perbedaan not angka dan not balok.

Sebagian besar orang hanya mengetahui jika hanya penulisan notasi tersebut saja yang berbeda, yaitu dengan menggunakan notasi balok atau angka. Namun ternyata, selain itu ada beberapa perbedaan lain di antara kedua jenis notasi tersebut, yaitu sebagai berikut!

Pengertian Not Angka dan Not Balok

Sebelum mengetahui lebih jauh tentang apa perbedaan not angka dan not balok, pastinya Anda harus mengerti tentang pengertian notasi dan not terlebih dahulu. Dengan begitu, Anda bisa paham dengan lebih mudah mengenai perbedaan di antara keduanya.

Secara garis besar, notasi adalah titik nada tertulis tentang suatu karya musik. Di dalam notasi, ada nada yang dilambangkan oleh angka dan balok. Jadi, orang yang menyanyikan atau memainkan alat musik bisa tahu nada yang tepat untuk musik tersebut.

Maka dari itu, bila Anda ingin tahu apa fungsi dari notasi angka dan notasi balok, kedua jenis notasi tersebut berfungsi untuk mengetahui cara memainkan musik. Ada yang lebih suka mempelajarinya dengan menggunakan angka dan ada yang dengan memakai balok. 

Supaya lebih jelas, berikut perbedaan not angka dan not balok berdasarkan pada pengertiannya!

1. Pengertian Not Angka

Seperti apa yang mungkin sudah Anda ketahui, not angka adalah nada yang disimbolkan oleh angka. Bila Anda ingin tahu not angka ada berapa, maka perlu Anda ketahui jika jumlahnya ada tujuh, yaitu mulai dari angka 1, 2, 3, 4, 5, 6, dan 7.

Angka nol (0) juga sering digunakan, namun bukan sebagai nada. Angka tersebut akan Anda temukan di dalam notasi saat Anda harus diam atau beristirahat. Lalu, ketujuh angka lainnya melambangkan do (1), re (2), mi (3), fa (4), sol (5), la (6), dan si (7).

Secara garis besar, bagaimana cara membaca not angka itu cukup mudah, karena hanya ada nada naik dan nada turun. Jika ada titik di atas angka, maka nadanya berarti naik. Sedangkan jika titik ada di bawah angka, maka nadanya berarti turun.

Karena itu, bila Anda ingin tahu apa fungsi not angka, fungsinya yang paling utama adalah untuk belajar vokal.

2. Pengertian Not Balok

Kemudian, apa pengertian dan fungsi dari not balok? Seperti apa yang mungkin sudah Anda ketahui, simbol nada atau not di dalam notasi jenis ini memang memiliki bentuk unik. Ada tiga bagian penting di dalam not balok, yaitu kepala, tangkai, dan bendera.

Pada saat mempelajari not balok, Anda akan melihat not yang hanya memiliki kepala saja, kepala dan tangkai, hingga kepala, tangkai, dan bendera. Hal itu merupakan lambang berapa ketukan musik yang harus Anda mainkan di karya musik tersebut.

Maka dari itu, not balok lebih banyak digunakan untuk belajar musik dan bukan saat belajar vokal. Misalnya saat Anda ingin memainkan alat musik seperti piano, biola, dan berbagai jenis alat musik lainnya. 

Perbedaan Not Angka dan Not Balok

Jadi, beberapa perbedaan not angka dan not balok ada pada simbol not dalam notasi dan juga fungsinya. Jika jenis angka lebih banyak digunakan untuk belajar vokal dalam suatu karya musik, maka notasi balok lebih banyak digunakan untuk belajar main alat musik.

Anda pun bisa mempelajari keduanya pada saat belajar vokal atau belajar bermain alat musik dengan Symphonia Musik. Lebih menarik lagi, di sini Anda tidak perlu repot datang ke tempat les musik, karena guru Anda lah yang akan datang langsung ke rumah Anda.

Selain perbedaan not angka dan not balok, Anda pun bisa belajar semua hal yang berkaitan dengan musik, hingga Anda bisa bermain dengan ahli. Jadi, segera hubungi tim Symphonia Musik sekarang juga jika Anda atau anak Anda tertarik untuk belajar musik!

footer logo symphonia musik

Phone : 0895-8003-00102
Email : [email protected]

© Copyright 2021 PT. Symphonia Musik Indonesia All Rights Reserved

Les Private Musik
Tangerang - Jakarta - Bali

we-are-hiring