alat musik elektrik

Ada banyak jenis alat musik yang bisa dimainkan untuk menghasilkan melodi dan harmoni yang indah. Salah satu jenis instruman yang bisa Anda gunakan adalah alat musik elektrik. Sebenarnya, apa sih pengertian dari alat musik tersebut? Apa saja jenis-jenisnya? 

Alat musik elektrik masuk ke dalam golongan instrumen musik memerlukan listrik saat dimainkan. Informasi lebih lanjut tentang kelompok instrument musik ini bisa Anda simak pada artikel yang sudah disiapkan khusus untuk Anda berikut ini.

Apa Itu Alat Musik Elektrik? 

Seperti yang sudah diketahui, ada banyak jenis alat musik yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Instrument musik elektrik adalah salah satu solusi untuk menghasilkan alunan melodi indah untuk menghasilkan berbagai jenis musik lho. 

Instrumen musik elektrik adalah kelompok alat musik yang menggunakan bantuan elektik untuk bisa menghasilkan suara. Alat-alat yang termasuk ke dalam jenis musik elektrik sebenarnya sudah mempunyai suara sebelum dengan elektrik. 

Namun, suara dari alat musik tersebut masih tergolong pelan dan kurang terdengar. Agar bisa terdengar lebih jelas, dibutuhkan bantuan elektrik untuk membuat volume dari alat musik tersebut menjadi lebih keras saat dimainkan. 

Penambahan pada pada instrument musik elektrik akan menggunakan alat yang disebut dengan amplifier. Gimana, apakah Anda sekarang sudah memahami apa itu instrument musik elektrik? 

Jenis-Jenis Instrumen Musik Elektrik

Secara umum, ada beberapa jenis instrumen musik elektrik yang bisa kamu pelajari. Apa saja jenis instrument musik elektrik? Simak informasinya di bawah ini, yuk!

1. Vibraphone

Alat musik ini memiliki bentuk yang mirip dengan gambang orkestro. Vibraphone mempunyai bagian seperti kipas angin pada bagian ujung yang bisa menghasilkan suara vibrato lho. 

Vibraphone ini memang cukup jarang tampil di konser-konser umumnya. Pasalnya, vibraphone ini banyak tampil di konser musim jazz lho. 

2. Theremin

Alat musik Theremin ini berkembang pertama kali di Uni Soviet pada tahun 1920. Uniknya, alat ini menghasilkan suara tanpa kontak fisik oleh pemain atau Thereminst. Theremin memiliki kotak dan tabung radio yang menghasilkan dua frekuensi gelombang suara lho. 

3. Martenot Ondes

Instrumen musik ini pertama kali berkembang di negara Perancis pada tahun 1928. Alat musik ini dapat menghasilkan suara yang mirip dengan Theremin. Martenot Ondes ternyata mampu menghasilkan 2 frekuensi gelombang suara supersonic. 

4. Biola Elektrik

Tahukan Anda jika biola juga ada yang versi elektrik lho. Biola elektrik menjadi salah satu alat musik modern yang tersedia dalam versi elektriknya. Alat ini lengkap dengan output elektronik dari amplifikasi dan suaranya. 

5. Gitar Elektrik

Selain biola, gitar juga memiliki versi elektriknya lho. Melalui amplifier, gitar elektrik dapat mengubah bunyi dari string atau senar gitar untuk menjadi sebuah arus elektrik dengan volume lebih kuat. 

Alat musik elektrik ini memiliki ciri khas daripada jenis instrument lainnya yaitu punya suara yang melengking tinggi. 

6. Gitar Bass

Sebenarnya gitar bass hampir mirip dengan gitar elektrik. Alat musik satu ini terdiri atas 4 string dan cara memainkannya dengan memetik senarnya. Gitar bass ini juga menghasilkan suara yang nggak kalah dari gitar elektrik bahkan dengan kekuatan double. 

7. Chordophones dan Aerophone

Instrumen lainnya yang termasuk ke dalam alat musik yang menggunakan elekrtik adalah Chordophones dan Aerophone. Beberapa jenis instrument musik yang termasuk ke dalam kelompok Chordophones adalah piano elektik, gitar elektrik, dan lain-lain. 

Sedangkan, instrument musik yang termasuk ke dalam Aerophone adalah seruling  atau saxophone eletrik. 

Symphonia Musik, Tempat Belajar Alat Musik Berkualitas

Mempelajari alat musik memang menyenangkan untuk dilakukan. Baik anak-anak maupun orang dewasa sama-sama berkesempatan untuk bisa mempelajari alat musik lho. Salah satu tempat belajar berbagai macam alat musik adalah Symphonia Musik. 

Symphonia Musik merupakan salah satu penyedia jasa untuk mengajarkan berbagai alat musik  secara privat. Metode pembelajaran secara privat tentunya akan memudahkan Anda untuk bisa mempelajari alat musik dengan lebih cepar. 

Apakah kamu tertarik untuk belajar alat musik elektrik di Symphonia Musik? Yuk, dapatkan penawaran terbaik untuk belajar alat musik melalui Symphonia Musik dengan mengunjungi https://symphoniamusik.com/ sekarang juga!

footer logo symphonia musik

Phone : 0895-8003-00102
Email : [email protected]

© Copyright 2021 PT. Symphonia Musik Indonesia All Rights Reserved

Les Private Musik
Tangerang - Jakarta - Bali

we-are-hiring