Perbedaan Musik Klasik dan Pop

 

Perbedaan Musik Klasik dan Pop

 

Les private musik menjadi salah satu kegiatan yang sering disarankan orang tua untuk anak-anaknya. Namun masih banyak orang tua yang bingung jenis musik apa yang cocok untuk anaknya. Misalnya apakah anaknya lebih baik belajar musik klasik atau yang lebih ringan musik pop saja. Pada artikel ini akan dibahas perbedaan musik klasik dan pop secara jelas.

Belajar musik klasik memang jauh lebih sulit karena anak akan dituntut untuk lebih disiplin dan teliti. Banyak teknik yang harus dipelajari supaya bisa menjadi komposer musik besar di masa mendatang. Sedangkan musik klasik jauh lebih bebas dan tidak harus terpaku pada not-not balok.

Musik Klasik dan Musik Pop, Mana yang Lebih Baik?

Modal dari musik pop juga lebih sederhana, selama ada angka atau accordnya maka anak-anak bisa memainkan alat musik dengan mudah. Selama mereka bisa lebih kreatif dan memiliki inisiatif maka mereka akan memainkan alat musik dan mengiringi orang yang menyanyi dengan baik.

Untuk itu, pilih saja les private untuk anak dengan guru yang bisa datang ke rumah. Pilihan lainnya dari les private alat musik ini dengan belajar musik online. Keduanya lebih efektif dan praktis dibandingkan harus belajar musik secara tatap muka.

Didukung oleh masa pandemi corona yang saat ini masih berlangsung, sehingga belajar musik di rumah lebih disarankan. Lalu bagaimana dengan belajar musik klasik? Hal itu tergantung keinginan dan rasa suka si anak terhadap musik itu sendiri.

Walaupun lebih sulit, dalam belajar musik klasik tentunya akan ada kebanggaan tersendiri. Menurut sejarahnya, musik ini lebih banyak dimainkan oleh para bangsawan di masa lampau. Sedangkan kehadiran musik pop lebih karena popularitasnya di kehidupan masyarakat.

Memilih musik pok atau klasik untuk anak juga disesuaikan dengan kecocokan mereka, dalam memainkan genre musik yang mana.

Jenis-jenis Musik yang Bisa Dipilih

Selain musik klasik dan musik pop masih banyak lagi jenis musik lainnya yang bisa anak-anak pelajari. Musik apa saja? Simak selengkapnya di bawah ini :

  1. Musik Klasik

    Jenis musik dengan nilai seni yang tinggi salah satunya yaitu musik klasik. Sejak dulu, musik klasik memiliki rangkaian nada yang indah dengan susunan not yang rapi. Namun hasilnya tidak akan membuat bosan para pendengarnya.

    Musik klasik juga disebut sebagai jenis musik sepanjang masa karena sampai sekarang masih bisa dinikmati dan cukup relevan. Padahal perkembangan musiknya sudah ada sejak tahun 1700an silam.

  2. Musik Jazz

    Pada awal abad ke-20 musik jazz mulai berkembang pesat di Amerika Serikat. Dasar musik ini berasal dari musik Eropa dan juga Afrika. Musik jazz adalah kombinasi dari musik blues, musik Eropa, dan juga ragtime.

    Pada musik jazz ini, nadanya ringan tetapi memiliki kesan yang tenang. Musik jazz yang banyak dimainkan oleh pemusik di Indonesia misalnya lagu-lagu dari Tompi, Tulus, dan sebagainya.

  3. Musik Pop

    Lirik dan nada yang terdapat pada musik pop biasanya lebih sederhana dan lebih ringan. Lagu-lagu pop juga lebih mudah dimainkan atau dinyanyikan. Jenis musik yang satu ini bersifat universal dan cenderung mudah diterima oleh setiap orang dan semua kalangan.

  4. Musik Country

    Musik country memiliki nada yang ringan, santai, dan juga ceria. Awalnya musik country dibuat untuk masyarakat di wilayah Pegunungan Appalachia di Amerika Serikat. Ada banyak pemusik atau penyanyi yang menyanyikan lagu-lagu country.

  5. Musik Rock

    Jenis musik lainnya yang juga bisa Anda pelajari adalah musik rock, yang memiliki nada serta irama sangat khas. Biasanya menggunakan gitar listrik dengan nada rendah dan tinggi. Musik rock juga seringkali diiringi dengan drum, bass, dan alat musik lainnya.

    Sejak tahun 1950an musik rock ini sudah berkembang dan sampai saat ini masih eksis. Musisi rock yang terkenal di dunia diantaranya yaitu Meat Loaf, Gun N’Roses, Nirvana, dan sebagainya.

  6. Musik Balada

    Jenis musik dengan alunan nada yang lambat dan sebagian besar lagunya bertema percintaan. Biasanya musik balada menggunakan kata puitis dengan alunan musik yang cenderung pelan atau melambat.

 

Jika ingin belajar musik klasik atau musik pop bisa memilih tempat kursus musik di daerah Tangerang Jakarta Bali yang terbaik. Pilih juga sekolah musik profesional yang mampu menghasilkan musisi yang juga profesional.

 

Symphonia Musik

Private Musik Tangerang Jakarta Bali

WhatsApp Kami untuk informasi lebih lanjut

FacebookInstagramYoutube

 

footer logo symphonia musik

Phone : 0895-8003-00102
Email : admin@symphoniamusik.com

© Copyright 2021 PT. Symphonia Musik Indonesia All Rights Reserved

Les Private Musik
Tangerang - Jakarta - Bali

we-are-hiring