10 Manfaat Belajar Piano Bagi Anak

 

10 Manfaat Belajar Piano Bagi Anak

 

Tidak sedikit orang tua yang mengarahkan anaknya untuk belajar piano dari usia dini. Jika Anda ingin melatih anak untuk bermusik, Anda bisa mencari les musik private area Tangerang Jakarta Bali. Les privat tentunya akan membuat si Kecil merasa lebih nyaman mengikuti latihan musik.

Piano banyak dipilih sebagai instrumen pertama untuk dipelajari. Hal ini bukan tanpa alasan yang berarti. Pasalnya, piano dapat memberikan banyak manfaat untuk anak.

 

Manfaat Belajar Piano Bagi Anak

Dengan memberikan latihan musik, orang tua berharap anak bisa mendapatkan manfaatnya. Berikut ini beberapa manfaat belajar piano untuk anak yang perlu diketahui, yaitu :

  1. Menghilangkan Stres

    Berdasarkan studi, bermain piano bisa meningkatkan kesehatan mental. Orang yang bermain piano cenderung mengalami kecemasan dan depresi lebih sedikit dibandingkan yang tidak suka bermain alat musik ini.

    Bermain piano beberapa menit sehari juga dapat membuat kepribadian anak lebih positif.

  2. Mudah Dimainkan

    Jika dibandingkan dengan alat musik lain, piano menjadi alat musik yang mudah dimainkan. Selain itu, tidak terdapat sakit fisik yang dirasakan. Contohnya, saat bermain gitar, maka seseorang perlu mengepal jarinya dan menekan senar menggunakan kekuatan.

    Apabila sering membuat sakit, bisa saja anak mogok belajar alat musik karena merasa tidak nyaman.

  3. Melatih Konsentrasi

    Bermain piano juga dapat melatih keterampilan konsentrasi anak. Ketika bermain piano, konsentrasi anak akan terpisah untuk mendengarkan irama piano, membaca musik, serta menginjak pedal yang semuanya dilakukan bersamaan.

    Jika anak bisa melatih konsentrasi ketika bermain piano, kemungkinan anak bisa memiliki kemampuan dalam multitasking. Tentu saja kemampuan ini akan sangat berguna untuk kehidupannya nanti.

  4. Meningkatkan Prestasi Sekolah

    Anak yang belajar piano mempunyai perkembangan kognitif umum serta spasial lebih baik dibandingkan siswa yang tidak belajar alat musik piano.

    Biasanya, anak-anak ini juga memiliki prestasi yang bagus di sekolah. Jika Anda berada di Tangerang, coba mulai cari kursus musik Tangerang terbaik untuk anak.

  5. Merangsang Neuroplastisitas

    Kemampuan otak dalam membentuk serta mengatur koneksi sinaptik dikenal sebagai neuroplastisitas. Secara sederhana adalah kemampuan otak mengubah bentuk serta fungsi secara khusus saat dirangsang aktivitas fisik.

    Hal ini dapat meningkatkan daya ingat, kemampuan bicara, perhatian, keterampilan spasial, serta bahasa anak. Anak juga memiliki kemampuan dalam menyampaikan emosi secara vokal.

  6. Kesehatan Fisik

    Tidak hanya dari kesehatan mental, bermain piano juga memberikan keuntungan pada fisik maupun fisiologis. Misalnya, meningkatkan ketangkasan serta koordinasi tangan mata dan mempertajam keterampilan untuk motorik halus.

    Musik juga terbukti bisa merilekskan pernapasan dan denyut jantung, menurunkan tekanan darah, menurunkan risiko jantung, dan meningkatkan respons imun. Bahkan, otot tangan dan lengan juga akan menjadi lebih kuat.

  7. Membantu Meningkatkan Hormon Pertumbuhan Manusia

    Kelenjar hipofisis berfungsi dalam memproduksi hormon untuk pertumbuhan. Hormon ini membantu dalam mengatur cairan tubuh, komposisi tubuh, metabolisme gula dan lemak, serta kemungkinan fungsi jantung.

    Berdasarkan sebuah studi, anak yang belajar piano bisa meningkatkan kadar HgH dalam sistem. Hal tersebut tentu saja menjadi hal positif dari bermain piano. Hormon pertumbuhan ini membantu dalam menjaga tingkat energi serta mencegah berbagai penyakit di usia tua.

  8. Meningkatkan Kesadaran Bunyi atau Aural

    Bermain piano akan melatih anak dalam mengenali nada, kord, dan interval. Berapapun usia anak saat bermain piano, kesadaran aural ini akan meningkat saat rutin bermain piano.

  9. Kritik Konstruktif

    Menanggapi serta memberikan kritik menjadi sebuah aspek dalam kehidupan. Dengan bermain piano, anak dapat meningkatkan kemampuan ini. Alasannya adalah anak sudah terbiasa mendapatkan feedback maupun kritik yang membangun dari tutor.

  10. Menjalani Hidup Lebih Indah

    Bisa mendengarkan musik, apalagi yang berasal dari piano bisa memunculkan emosi positif untuk pendengar dan pemain. Bermain piano menjadi cara dalam menyatukan komunitas, kelompok, keluarga, dan teman.

    Ternyata, ada banyak manfaat yang bisa dimanfaatkan dan dirasakan dari bermain piano. Manfaat-manfaat tersebut tentu semakin mendorong orang tua untuk membuat anak belajar musik. Walaupun begitu, jangan sampai orang tua memaksa dan memiliki obsesi tidak baik kepada anak.

    Biasanya, anak yang memiliki minat sendiri cenderung terlihat. Bahkan, beberapa anak juga meminta langsung kepada orang tua untuk dimasukkan ke tempat les musik.

 

Les privat menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk anak yang ingin bermain musik. Sebagai orang tua, Anda perlu memiliki les musik private area Tangerang Jakarta Bali terbaik untuk anak. Symphonia menawarkan berbagai kelas dan pilihan alat musik yang beragam untuk kebutuhan anak.

 

Symphonia Musik

Private Musik Tangerang Jakarta Bali

WhatsApp Kami untuk informasi lebih lanjut

FacebookInstagramYoutube

 

footer logo symphonia musik

Phone : 0895-8003-00102
Email : admin@symphoniamusik.com

© Copyright 2021 PT. Symphonia Musik Indonesia All Rights Reserved

Les Private Musik
Tangerang - Jakarta - Bali

we-are-hiring