Usia Ideal Anak Belajar Musik

 

Usia Ideal Anak Belajar Musik

 

Kembangkan kecerdasan musikal anak sejak dini, supaya mereka bisa mengekspresikan dirinya melalui musik dan memperoleh prestasi dari sana. Anda juga harus tahu berapa usia ideal anak dalam belajar musik, atau kapan saat yang tepat mendaftarkan mereka les private musik.

Les private ini bisa dilakukan di rumah saja dengan melalui sistem belajar online, dengan guru yang datang ke rumah langsung Terutama di masa pandemi corona saat ini, yang memungkinkan anak-anak belajar musik di rumah termasuk dalam belajar alat musik tertentu.

Usia Ideal Anak dalam Belajar Musik

Memperkenalkan musik pada anak-anak bahkan bisa dilakukan sejak mereka masih bayi. Misalnya ketika mereka masih di dalam kandungan, Anda bisa memperdengarkan musik klasik yang cocok untuk janin di dalam perut.

Tapi Anda juga perlu tahu berapa usia ideal anak dalam belajar musik atau mengajarkan mereka alat musik. Sebaiknya daftarkan anak-anak untuk belajar musik online sebelum usianya 9 tahun. Namun pada setiap usia terdapat tahapan dalam belajar musik yang berbeda-beda.

Berikut beberapa usia ideal untuk anak-anak dalam belajar musik :

  • Anda bisa memperkenalkan musik sejak anak-anak masih bayi secara informal. Yaitu dengan cara mengajaknya bermain sebuah permainan yang mengandung unsur musik tertentu, bernyanyi sebuah lagu, hingga mengajaknya menari dengan diiringi musik.
  • Ketika usianya sudah menginjak 3 tahun ia bisa mengajarkan musik yang lebih formal, yang nantinya akan mengidentifikasi jenis instrumen musik atau melodi tertentu.
  • Sedangkan di usia 5 tahun mereka bisa memainkan alat musik yang memiliki kemampuan motoriknya yang terbatas seperti alat musik seruling, piano, ukulele, dan biola.
  • Untuk usia yang lebih besar lagi maka kemampuan motorik anak-anak sudah lebih membaik. Anda bisa mengajarkan mereka menggunakan alat musik yang ukurannya lebih besar seperti misalnya terompet, gitar, alat perkusi, bas, harpa, selo, dan sebagainya.
  • Saat usianya sudah 10 tahun maka mereka bisa memainkan alat musik apa saja yang disukai, untuk menambah performa mereka dalam bermain alat musik dan menambah pengalamannya.

Cara Menumbuhkan Ketertarikan Anak dalam Bermain Musik

Anak-anak yang memiliki aktivitas di bidang musik biasanya memiliki kemampuan akademis yang baik. Anda bisa membantu menumbuhkan minat anak dalam bermain musik dengan cara berikut:

  1. Memperkenalkan Alat Musik yang Tepat

    Sebaiknya Anda membiarkan mereka memilih alat musik apa yang disukai dan ingin mereka mainkan. Supaya mereka juga bisa belajar dengan lebih alami dan natural. Jenis alat musik yang rumit dan dipilihkan oleh orang tua tentu akan membuat mereka seperti terintimidasi.

    Maka perkenalkan jenis-jenis alat musik yang ringan, sederhana, dan mudah dipelajari. Kemudian biarkan mereka memilih alat musik apa yang menarik minatnya.

  2. Orang Tua Terlibat Langsung

    Dalam belajar musik ini orang tua juga harus terlibat secara langsung dan aktif, dalam mengikuti perkembangan musik mereka. Pastikan untuk selalu menjaga komitmen dengan anak-anak ketika mereka belajar alat musik tertentu.

    Beri semangat dan motivasi yang kuat dalam bermusik, dan tunjukkan pada mereka bahwa dalam belajar musik ini memang diperlukan kerja keras.

  3. Memilih Sekolah Musik dan Pembimbing yang Tepat

    Daftarkan mereka di sekolah musik terpercaya yang berada di daerah Tangerang Jakarta Bali. Pastikan juga guru-guru yang mengajar di sana memberikan ilmu dan juga pelajaran yang lebih mudah dipelajari oleh anak-anak.

    Anak-anak juga harus mendapat instruksi dan pelajaran yang benar untuk memperdalam minat mereka, supaya bisa terus melatih kemampuannya dalam bermusik.

  4. Menyeleksi Lagu

    Biasanya anak-anak yang sudah beranjak besar dan menuju remaja akan mempelajari musik yang lebih kekinian atau sedang hits saat ini. Dukung mereka dan lagu apapun yang mereka sukai.

    Biarkan mereka belajar musik senatural mungkin, dan jangan memaksanya untuk belajar musik klasik yang jauh lebih sulit. Biarkan minat dan keinginan mereka tumbuh dengan sendirinya.

  5. Menjadi Penggemar Mereka Nomor Satu

    Kemampuan anak-anak dalam bermusik tidak harus selalu ditunjukkan atau dilakukan di panggung megah. Walaupun mereka hanya bermain musik di lingkungan sekitarnya saja, tapi dukung mereka secara penuh.

    Beri penghargaan terbaik untuk mereka ketika permainan musiknya meningkat, supaya mereka lebih semangat belajar musik.

 

Dimulai dengan usia yang tepat dan cara mengajarkan musik pada anak dengan tepat, maka anak-anak akan mahir bermain musik dengan benar.

 

Symphonia Musik

Private Musik Tangerang Jakarta Bali

WhatsApp Kami untuk informasi lebih lanjut

FacebookInstagramYoutube

 

footer logo symphonia musik

Phone : 0895-8003-00102
Email : admin@symphoniamusik.com

© Copyright 2021 PT. Symphonia Musik Indonesia All Rights Reserved

Les Private Musik
Tangerang - Jakarta - Bali

we-are-hiring